Hadian Tipuan

kijang innovaHari ini aku baca di Surat Pembaca Kompas Jateng, ada seseorang yang telah tertipu hampir 4 juta rupiah sebagai syarat pengambilan hadiah mobil Toyota Kijang Innova dari sabun bubuk. Aku juga pernah mendapat kupon yang sama dalam kemasan sabun produksi Wings itu. Tapi ketika aku cermati aku tahu bahwa itu PALSU dan PENIPUAN, sehingga aku tidak melakukan ‘tindak lanjut’ atas hadiah itu. Sudah lama ingin aku tulis di blog, namun baru kali ini, semangat menempatkan tulisan ini di sini muncul kembali, setelah aku membaca Kompas hari ini.

Seperti ini “KUPON ASLI” pemberitahuan tentang hadiah itu.

hadiah tipuan.

hadiah tipuan

Ini “surat keterangan”nya.

hadiah tipuan

Semua itu ada di dalam kemasan sabun, jadi kalau tidak diteliti, seolah-olah itu ‘bawaan pabrik’, padahal itu sengaja dimasukkan oleh seseorang dengan tujuan jahat. Aku sendiri tidak ingat darimana sabun yang aku buka itu berasal, kelihatannya aku tidak pernah membelinya, malah kalau tidak salah aku temukan kemasan sabun itu di pekarangan rumah, mungkin saja ada yang sengaja melempar sabun itu dari jalan.

Sebenarnya dulu pernah aku tulis perihal PENIPUAN model begini, yang bisa diatasi dengan mudah, agar masyarakat tidak tertipu lagi dan tertipu lagi. Caranya mudah, tinggal pemerintah bikin aturan, bisa peraturan pemerintah, peraturan menteri atau undang-undang, bahwa semua penyelenggara undian berhadiah, DILARANG meminta penerima hadiah untuk membayarkan sejumlah uang untuk persyaratan pengambilan hadiah, termasuk pajak hadiah, HARUS ditanggung oleh penyelenggara. Jadi tidak ada lagi alasan untuk meminta sejumlah uang pada penerima hadiah. Penerima hadiah terima “bersih” tanpa syarat ini dan itu. Kalau ini diatur oleh pemerintah, niscaya akan membatasi gerak para penipu dengan modus seperti ini.

Penipu ada karena ada orang yang (bisa) tertipu.

Leave a Reply

