GPS-nya Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata

Sejak jaman dulu, kenapa KKN (tidak) selalu bikin “papan nama petujuk jalan”. Kali ini KKN dari UNDIP (Universitas Diponegoro) Semarang yang ber-KKN di desa tempat tinggal orang tuaku, lagi-lagi bikin papan petunjuk jalan.

Aku mengakui jika petunjuk jalan memang sangat “powerful” dalam memandu orang-orang asing di suatu tempat, tapi… kalau petunjuk jalan itu dibuat dari KAYU apalagi dari TRIPLEKS…, mau bertahan berapa lama?

Mbok ya mahasiswa kreatif dikit, jangan hanya berpikir “proyek jangka pendek” bikin petujuk jalan dari logam misalnya ‘galvanil’, bertiang pipa besi, jadi sekali buat bisa untuk jangka panjang.


Gambar: papan nama dari tripleks, sekali kehujanan, dijamin tripleksnya hancur…Untung KKNnya di musim kemarau…


Dua tulisan di pohon yang “hitam putih” itu dibuat dari logam bekas plat nomor mobil, yang bikin orang setempat, “GEDONG” arahnya ke KANAN, e e e.. oleh KKN Undip sekarang dibuat yang tulisannya lebih bagus (tapi dari kayu) arahnya ke KIRI.

Memang untuk ke GEDONG bisa ke KANAN bisa ke KIRI, maksudnya dulu bikin ke KANAN, supaya orang yang mau ke GEDONG lewat jalan “baru”.

Aku jadi ingat waktu KKN lebih dari 10 tahun yang lalu di sebuah desa di Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, kelompokku bikin “tugu papan nama” desa setempat dengan “semen”, jadi hingga kini, jika aku berkunjung ke desa itu, masih bisa melihat “hasil karya” kelompok KKN-ku dulu. Papan nama bukan satu-satunya program kerja KKN kami, tapi itu salah satu yang dulu kami pikirkan untuk “jangka panjang”. Waktu itu kami punya dana sedikit dan kami musyawarahkan dengan perangkat desa untuk ditambah dengan “swadaya” agar dapat dibuat “papan nama” yang permanen, sekali buat untuk “selamanya”.

Aku juga pernah membimbing KKN di sebuah desa di Klaten, waktu itu saya ingatkan ke mahasiswa, kalau mau bikin “papan nama” jangan dari KAYU, bikin dari LOGAM, agar AWET, kalau dananya nggak cukup, ya bikin SECUKUPNYA SAJA, nggak harus setiap pertigaan dan perempatan diberi ‘papan nama’.

Dunia sudah berubah, KKN tetap bikin ‘papan nama’…. sampai kapan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: