Cara mengamankan account Facebook

Setelah sekian waktu saya “fesbukan”, mendapat beberapa pengalaman. Pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain adalah guru yang baik.

Beberapa account di facebook (FB) menjadi hilang karena, paling tidak 2 hal.

1. dibajak orang lain, karena username (email address) dan passwordnya diketahui orang lain

2. di- report (dilaporkan) oleh banyak orang, sehingga ditutup oleh Admin FB

Jika account hilang karena sebab pertama, itu adalah akibat KETELEDORAN pemilik account itu sendiri. Keteledoran ini mungkin terjadi secara tidak sengaja, misalnya karena login FB menggunakan komputer “publik”, komputer kantor atau warnet. Saya pernah bisa login ke FB teman saya di kantor, karena username dan password-nya tersimpan di “history”. Hahaha… padahal yang nge-set komputer kantor itu bisa menyimpan username dan password ya saya sendiri. Beberapa teman di kantor tidak peduli — mungkin karena kurang paham — bahwa komputer bisa di set untuk menyimpan data username dan password. Bahkan saya pernah bisa memasang software yang merekam semua data “ketukan” keyboard. — pernah saya coba, tapi tidak saya teruskan. Cuma iseng untuk “agar tahu” saja. Apalagi kalau yang bekerja sebagai ADMIN jaringan komputer, memata-matai aktivitas pengguna komputer dalam jaringan, bukan perkara yang sulit. Saya pernah menyaksikan sendiri, chatting di YM yang dilakukan oleh orang-orang kantor, semua terpantau oleh Admin Jaringan Komputer.

Eh.. tapi FB saya juga pernah di-login-in oleh teman saya, gara-gara saya tinggalkan FB yang “terbuka”. Untung teman saya masih baik hati, cuma membuat status yang “aneh” di FB saya, dan saya-pun tahu persis siapa teman itu, karena saya pinjam komputernya.

So.. untuk mengurangi kemungkinan account dibajak orang lain karena keteledoran itu, inilah caranya:

1. sedapat mungkin jangan gunakan komputer publik untuk login ke FB
2. jika no.1 tidak bisa terpenuhi, ketika login FB dari komputer publik, pastikan bahwa BROWSER tidak berada pada OPSI “menyimpan password”. Jika muncul “pop up” yang mengkonfirmasi apakah akan menyimpan password, klik “Never for this site” saja.

Nah.. untuk ini kita perlu cek (misalnya di Mozilla Firefox) dari Tools-Options-Security. Kalau di Internet Explorer atau browser lainnya ya seperti itu lah….

Jika account hilang karena di-report oleh banyak orang, itu bisa terjadi karena STATUS maupun NOTE-NOTE yang dibuat dianggap “MENGANCAM” keyakinan tertentu, atau menimbulkan ketidakharmonisan hubungan antar manusia. Sehingga cara mengamankan dari kasus ini adalah, jangan membuat status atau note yang mengancam keyakinan tertentu. Kalaupun note itu ditujukan untuk mengkritisi pemikiran-pemikiran tertentu, sampaikan dengan SANTUN, jangan KASAR. Namun kalaupun sudah santun, tetap ada kemungkinan tulisan-tulisan yang “kritis” akan tidak disukai banyak orang, jadi….

untuk mengamankannya:

1. pakai email khusus untuk FB, bukan email yang biasa digunakan untuk kepentingan lain, dan JANGAN TAMPILKAN alamat EMAIL itu dimanapun. Hal ini untuk menghindari orang lain mencoba login ke account kita. Karena, jika banyak orang mencoba login ke account kita dan berulang kali salah password, FB akan mencatat itu sebagai “masalah”, dan itu kemudian bisa benar-benar menimbulkan masalah, karena account kita bisa di ‘suspend’.
2. kalau cara pertama tidak berhasil, artinya account kita memang di-report banyak orang, ya sudah lah…. terima saja account kita di-deactive oleh FB. Tetapi supaya tidak terlalu menyesal kehilangan account FB, amankan tulisan-tulisan kita (jika perlu beserta komentar-komentar yang “bagus”. Pengamanannya, bisa di-save as di hardisk, bisa juga di-copy paste ke website lain, misalnya ke BLOG. (contoh: saya meng-copas tulisan di FB ke BLOG http://pewijayanto.wordpress.com, dan saya back up BLOG itu melalui fasilitas “export” yang ada di halaman admin. Sehingga jika-pun BLOG saya di-report orang, saya masih punya arsip-nya dan dengan file arsip itu, dengan mudah dapat kita buat BLOG baru yang isinya sama.)

Jika dengan berbagai cara mengamankan FB kita ternyata masih masalah juga (account hilang), ya sudah lah… RELAKAN APA YANG TIDAK DAPAT DIPERTAHANKAN (hm….. ini saya ingat dari sebuah FILM berjudul Heaven and Earth yang pernah saya tonton lebih dari 15 tahun yang lalu, tetapi masih saya ingat sampai sekarang, — dan kadang saya pakai untuk memberikan kata-kata penghiburan buat yang kehilangan keperjakaan atau keperawanan, hahaha….) Kalau mengutip kata beberapa orang Jawa bilang, “tidak punya FB tidak patheken“.

Oh ya, saya mau jujur, saya punya accout FB yang lain, dan pada saat yang bersamaan dengan satu laptop saya dapat LOGIN ke ke-dua account. Dan selama ini beberapa teman saya TERTIPU, hahaha.. , tertipu tidak tahu bahwa account yang “itu” adalah account saya juga, karena saya dapat CHATTING dalam waktu yang bersamaan dengan account yang berbeda. Hahahaha…. (nanti pada saat yang tepat, saya akan membuka “identitas” saya yang lain itu.) Dan kalau soal ini, saya tidak akan membuka rahasia-nya, maaf.. ya, ini khusus untuk “koleksi pribadi” dan kalau yang sudah tahu caranya, nggak usah dipublikasi, pakai prinsip “YANG TAHU DIAM” saja ya..

OK. selamat ber-FB dengan NYAMAN, walau TIDAK AMAN.

(tulisan ini akan diedit kemudian jika diperlukan, sebab ditulis dalam keadaan “kesusu” karena baterai laptop sudah “hampir habis”)

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

